Mentan Resmikan SMK Peternakan MTT Subang

SMK-peternakan

Subang – Menteri Pertanian Suswono meresmikan SMK Peternakan yang merupakan hasil kerjasama Majelis Taklim Telkomsel (MTT) dan RZ (Rumah Zakat) di Desa Kenjolaya Kec. Kasomalang Kab. Subang, pada Sabtu (12/7/2014) lalu. Sekolah yang merupakan boarding school ini bertujuan untuk memberikan pendidikan agrobisnis kepada para siswa yang berasal dari keluarga kurang mampu secara gratis. Sehingga setelah lulus nanti, mereka siap untuk bekerja khususnya di bidang peternakan.

“Alhamdulillah MTT dan RZ bisa menyediakan sekolah gratis berkualitas bagi generasi penerus bangsa. Semoga ini menjadi salah satu usaha membantu pemerintah dalam rangka mencetak SDM yang kompeten di bidang peternakan untuk mensukseskan swasembada daging nasional,” ujar CEO RZ Nur Efendi.

Sebenarnya SMK Peternakan tersebut telah beroperasi sejak tahun 2013 dan mendidikan 23 siswa. Namun menurut Efendi, kala itu SMK Peternakan belum memiliki gedung sendiri sehingga harus menumpang. “Puji syukur, MTT bersedia untuk bekerjasama untuk menghadirkan gedung sekolah dan juga fasilitas bagi para siswa SMK Peternakan. Mudah-mudahan mereka bisa mengenyam pendidikan dengan nyaman,” kata Efendi.

Adapun metode belajar mengajar di SMK Peternakan MTT ini mengedepankan aspek skill peternakan dengan porsi 70% praktek dan 30% teori. Para siswa akan diperkenalkan dengan dunia kandang, mulai dari penanganan ternak, mengelola tanah, menanam rumput, sampai pemotongan hewan qurban. “Jadi pada hari raya Idul Adha, mereka harus mempraktekan langsung penanganan, pemeliharaan, pemotongan, dan juga distribusi hewan qurban,” ungkap Kepala SMK MTT, Ipik Taufik Ismail.

SMK Juara MTT merupakan sekolah menengah kejuruan pertama yang dibina RZ. Saat ini selain SMK Juara MTT, RZ pun mengelola 11 SD Juara dan 2 SMP Juara yang berada di 11 kota. “InsyaAllah bersama mitra, kita akan mendirikan lebih banyak Sekolah Juara untuk memberikan pendidikan yang gratis dan berkualitas bagi anak-anak Indonesia,” tutur Efendi.(Sumber : radaronline.co.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response