Mengapa Telur Love Bird Tidak Menetas

Telur Love Bird Gagal Menetas

Telur Love Bird yang sukses menetas adalah salah satu yang paling ditunggu oleh penangkar Love Bird pemula. Betapa gembiranya melihat telur yang dierami induk Love Bird akhirnya menetas juga.

Namun kadang hal yang harusnya menggembirakan tersebut bisa berbalik menjadi kekecewaan karena telur Love Bird tidak mau menetas. Ada apa gerangan ? Mengapa telur Love Bird tak juga menetas ? Apa penyebabnya ? Mari coba kita telusur bersama.

Telur Love Bird Infertil

Telur Love Bird yang infertil alias tidak mengandung sel benih jelas tidak akan bisa menetas. Ciri telur yang infertil adalah ketika telur dibuka maka tidak ditemui embrio di dalamnya dan telur tidak berbau.

Penyebab telur infertil adalah induk atau salah satu Induk Love Bird belum masuk usia ideal untuk ditangkarkan. Penggunaan induk Love Bird yang terlalu muda biasanya menghasilkan telur dengan daya tetas rendah. Usia induk Love Bird yang ideal untuk ditangkarkan adalah pada kisaran 7-8 bulan.

Penyebab lain dari telur infertil adalah salah satu atau kedua Induk Love Bird belum masuk masa birahi sehingga meski kelihatannya berjodoh namun indukan Love Bird tersebut tidak pernah kawin atau perkawinannya tidak sempurna.

Indukan Love Bird Kurang Asupan Nutrisi

Penting bagi penangkar Love Bird untuk memberikan nutrisi yang cukup bagi Induk Love Bird. Kurang asupan nutrisi bisa menyebabkan indukan Love Bird tidak begitu birahi sehingga gagal terjadi perkawinan atau perkawinan tidak sempurna.

Kurangnya nutrisi juga menyebabkan embrio (bakalan piyik sebelum menetas) memiliki daya hidup yang rendah. Akibatnya embrio Love Bird akan mati sebelum telur menetas.

Lingkungan Tidak Ideal

Menurut pengalaman beberapa peternak Love Bird, faktor suhu dan kelembaban berpengaruh terhadap proses menetasnya telur Love Bird. Suhu kandang yang ideal untuk penangkaran Love Bird berada pada kisaran 25-30 derajat Celcius,

Suhu yang tidak ideal akan berpengaruh terhadap indukan Love Bird yang sedang mengerami telurnya. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada tingkat keberhasilan telur Love Bird untuk menetas.

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response