KTT Kambing Walung Amertha Wakili Tabanan di Tingkat Provinsi

ternak kambing kacang

Kelompok Tani Ternak (KTT) Kambing Walung Amertha, Desa Sanda, Kecamatan Pupuan, dipercaya mewakili Tabanan di tingkat provinsi dalam lomba agribisnis. Penilaian langsung dilakukan oleh tim provinsi didampingi Asisten II Setda Tabanan Wayan Miarsana dan kepala Dinas Peternakan Tabanan Ketut Warsiki, Rabu (18/6).

Kelompok Tani Ternak Walung Amertha merupakan salah satu kelompok ternak di Pupuan yang berdiri sejak tahun 2010 lalu. Dimana hingga kini KTT dengan kelas madya ini telah memiliki anggota yang mencapai 25 orang. Ketua KTT Walung Amertha I Made Tawan mengatakan, dibentuknya KTT ini berawal dari kesamaan tujuan dari seluruh anggota dalam bidang pertanian dan perkebunan serta tersedianya pakan ternak sepanjang tahun. “Selain memiliki kesamaan tujuan, kami berharap keberadaan KTT ini mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan para anggotanya,” harapnya.

Hingga Bulan Mei 2014, KTT Walung Amertha memiliki populasi ternak kambing sebanyak 146 ekor dengan rata-rata per anggota memiliki 6 ekor kambing.

Tawan menjelaskan KTT yang dikelolanya membudidayakan ternak kambing tipe pedaging, yaitu kambing PE (peranakan etawa) dengan system pemeliharaan di bidang penggemukan dan pengembangan budidaya. Selain membudidayakan, KTT Walung Amertha juga memanfaatkan kotoran ternak kambing menjadi pupuk organik padat dan cair yang diintegrasikan dengan tanaman kopi robusta dan tanaman perkebunan lainnya. “Kami tidak hanya memanfaatkan daging kambing saja, namun kotorannya pun kami manfaatkan sehingga memiliki nilai ekonomi tinggi,” ungkapnya.

Dipercayanya KTT Walung Amertha mewakili Tabanan untuk berlaga di Provinsi mendapat apresiasi dari Bupati Tabanan. Dalam sambutannya yang dibacakan Asisten II Setda Tabanan Wayan Miarsana, mengatakan pemeliharaan ternak kambing yang diintegrasikan dengan sub sector perkebunan, seperti kopi, sangat menjanjikan dalam peningkatan pendapatan karena saling menguntungkan. Dirinya berharap melalui lomba ini menjadi ajang untuk memotivasi kelompok dalam mengembangkan diri serta beternak kambing sebagai usaha pokok sehingga kesejahteraan dapat terwujud sesuai dengan visi Tabanan Serasi (sejahtera, aman dan berprestasi). “Saya bangga dengan prestasi yang dimiliki KTT Walung Amertha. Karena KTT asal Pupuan itu menjadi salah satu terbaik di Tabanan yang telah mampu meningkatkan kesejahteraan anggotanya,” ungkapnya.(Sumber : metrobali.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response