Kiat Sukses Budidaya Ternak Lele

DUNIATERNAK.COM, – Ternak lele yang akhir – akhir ini menjadi bidikan banyak pengusaha membuat kita tak boleh tinggal diam. Kiat sukes budidaya lele erlu Anda ketahui untuk mengantarkan kesuksesan dalam melakukan bisnis ini. Dengan pemeliharaan yang tepat, lele yang kita budidayakan akan tumbuh berkembang dengan bak sehingga menyumbangkan keuntungan yang luar biasa.

Ternak lele yang dijalankan dengan benar akan menjadikan sebuah lapangan usaha mandiri yang sangat efektif untuk mengurangi pengangguran serta meningkatkan perekonomian keluarga. Sebenarnya tak harus lele yang Anda bidik, Anda bisa memilih usaha ternak menjanjikan dengan modal kecil lainnya yang cocok dengan minat dan kondisi lingkungan Anda.

Kembali ke pokok pembahasan, yaitu kiat agar budidaya lele yang kita jalankan bisa menghantarkan kepada kesuksesan. Kira – kira apa saja yang perlu dilakukan oleh para peternak lele ? silakan simak penjelasan berikut ini

Dalam menjalankan bisnis peternakan khususnya peternakan lele, Anda harus memperhatikan beberapa hal terkait dengan pertumbuhan lele, penanganan penyakit pada lele dan pemasaran lele. Untuk itu, perhatikan beberapa poin penting dalam menjalankan budidaya lele berikut ini

1. Kolam Lele

Dalam menjalankan bisnis peternakan ikan, hal penting yang perlu untuk diperhatikan pertama kali adalah kolam. Ikan adalah makhluk hidup sebagaimana kita, jadi akan merasa nyaman jika ditempatkan pada rumah yang nyaman. Untuk itu buatlah kolam lele yang baik, jangan terlalu sempit dan usahakan air yang digunakan untuk mengisi kolam adalah air yang bagus.

Untuk mendapatkan kolam yang baik, Anda bisa menggunakan kolam tanah, kolam karamba ataupun kolam terpal, tergantung situasi dan kondisi, yang penting ukurannya tidak terlalu sempit buat si lele. Baru – baru ini yang lagi trend adalah usaha perikanan lele kolam terpal karena dirasa cukup simple dan bisa dijalankan walaupun dengan modal kecil.

2. Bibit Lele

Memilih bibit lele yang berkualitas merupakan kiat sukses budidaya lele yang tak boleh diabaikan. Mengapa demikian ? karena baik dan buruknya bibit lele sangat menentukan kualitas lele yang akan Anda pelihara. Sama – sama dipelihara dalam kurun waktu 3 bulan, bibit lele yang berkualitas akan lebih cepat berkembang daripada bibit lele yang buruk.

Pada saat penebaran bibit Anda perlu melakukan penyortiran, jangan menebar semua bibit dalam satu kolam tanpa disortir lebih dulu. Hal ini sangat penting karena lele yang ukurannya lebih besar bisa saja memakan lele yang masih kelihatan kecil. Tak hanya itu, bibit lele yang lebih kecil jika dicampur dalam satu tempat bisa kalah dalam mendapatkan makanan sehingga perkembangannya menjadi semakin lambat.
3. Pakan Lele

Hewan ternak jenis apa saja akan tumbuh berkembang dengan baik apabila mendapatkan pakan yang mengandung banyak gizi dan tidak sampai kekurangan makanan. Lalu bagaimana agar lele yang kita pelihara bis mendapatkan pakan yang berkualitas ? sangat mudah, yaitu dengan menggunakan pakan ikan yang saat ini telah banyak dijual di pasaran.
4. Kualitas Air

Sebagaimana yang telah kami jelaskan di atas bahwa kolam merupakan rumah bagi lele yang membuatnya nyaman jika dibuat dengan baik dan dengan air yang baik pula. Menjaga kualitas air kolam merupakan kiat sukses budidaya lele yang kurang begitu banyak mendapat perhatian, maka di sini kami sampaikan agar Anda lebih memperhatikan masalah kualitas air kolam. Usahakan air kolam tidak keruh dan berbau busuk, jika sudah tercium bau busuk berarti itu sebagai pertanda air kolam sudah mulai tidak baik.
5. Hama dan Penyakit

Meskipun sudah dirawat dengan baik tetapi jika Anda tidak memperhatikan kesehatan lele, bisa jadi lele mati sehingga terjadi kerugian. Ada beberapa jenis penyakit yang menyerang ikan lele akibat virus, bakteri dan protozoa. Untuk langkah pencegahan silakan jaga kebersihan kolam dan buat suhu kolam dalam kisaran 28 derajat celsius. Selain itu Anda harus membuat kolam aman dari semua jenis binatang pemangsa lele seperti bebek, musang dan ular.

6. Pemasaran Lele

Kiat sukses budidaya lele berikutnya adalah pemasaran yang baik. Meskipun ternak lele yang Anda jalankan sesuai dengan harapan namun jika dalam pemasaran tidak bisa mendapatkan harga yang tinggi bisa jadi Antara pengeluaran dan pemasukan tak sepadan. Untuk itu, silakan pasarkan lele langsung kepada konsumen atau kepada penjual lele yang mau membeli dengan harga tinggi. Silakan cari informasi di internet mengenai penjual ikan lele yang mau membeli lele dengan harga tinggi.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.