Kementan Salurkan Kredit Murah 2 Triliun Untuk Ternak Sapi

PInjaman Tanpa Bunga

Kementerian Pertanian (Kementan) mematok penyaluran kredit kepada peternak sapi pada 2013 sebesar Rp 2 triliun . Pemerintah memberikan subsidi bunga murah 4% melalui program Kredit Ketahanan Pangan dan Energi (KKPE).

Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengatakan, melonjaknya harga daging sapi di pasar Jabodetabek membawa berkah di tingkat peternak. Kini para peternak makin termotivasi meningkatkan produktivitas hasil ternak sapinya. Pemerintah sendiri menargetkan, produksi sapi mampu mengisi 85% dari kebutuhan daging sapi nasional. “Tahun 2014, sebesar 90% kebutuhan konsumsi daging sapi berasal dari lokal,” ujar Suswono.

Direktur Budidaya Ternak Fauzi Luthan mengatakan, tahun lalu realisasi KKPE sebesar Rp 900 miliar .Sasaran KKPE adalah para peternak sapi potong dan pembibitan sapi. Plafon kredit yang dapat disalurkan kepada para kelompok tani antara Rp 100 juta-Rp 300 juta. Apabila bunga kredit saat ini berkisar 11%, dengan disubsidi 4%, maka peternak hanya membayar kepada bank sebesar 7%.

Fauzi menambahkan, kelompok peternak yang diberikan modal kerja itu akan membeli pakan. Kelompok peternak dapat bermitra dengan pengusaha. Dengan begitu, kelompok peternak dapat mengembalikan kredit ketika hendak menjual sapinya.

”Margin dari penjualan sapi para peternak itu disisihkan untuk membayar pinjaman,” ujar Dirut Sarjana Membangun Desa (SMD) Irawan Sulistiono yang menjadi fasiltator (penjamin) dengan perbankan.

Saat ini, KKPE telah dilayani di PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk, PT Bank Mandiri Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) Tbk. Selain KKPE, sebetulnya kelompok tani juga memperoleh kredit melalui Kredit Usaha Pembibitan Sapi (KUPS).

Sasarannya adalah pelaku usaha dengan pola kemitraan antara perusahan/koperasi. Jenis usaha berupa produksi sapi bibit dengan plafon kredit hingga mencapai Rp 66,3 miliar atau sekitar 5.000 ekor tiap pelaku usaha.

Program KUPS itu juga memberikan subsidi suku bunga 5% per tahun. Syarat kelompok penerima yang memiliki atau memelihara sapi dengan kandang kolektif yang mendapat rekomendasi dari Kepala Disnak Kabupaten/Kota. (Sumber : Kabar Bisnis)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response