Kembangkan Bisnis Ternak, Pemkab Mukomuko Bagikan 120 Ekor Sapi

Ternak Sapi Bali

Mukomuko – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, segera membagikan bantuan sebanyak 120 ekor sapi bali kepada 10 kelompok tani yang berpotensi dalam pengembangan ternak tersebut.

“Saat ini rekanan sedang dalam proses pengerjaan, tidak lama lagi selesai dan dibagikan kepada kelompok tani,” kata Kabid Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan (DP3K) Kabupaten Mukomuko, Elxandi di Mukomuko, seperti dikutip dari Antara, Selasa (8/7).

Dia mengatakan, sebanyak 120 ekor sapi bali tersebut terdiri atas 100 ekor betina dan 20 ekor jantan. Pembelian sapi bali tersebut bersumber dari dana APBD setempat. Dia menjelaskan, bantuan sebanyak 120 ekor sapi bali kepada kelompok tani itu menggunakan sistem perguliran. Kelompok tani yang telah berhasil mengembangkan hewan ternak itu harus menggulirkan lagi bantuan kepada kelompok yang belum dapat.

“Agar bantuan sapi bali yang jumlah pengadaannya terbatas untuk 10 kelompok tani pada 2014 ini bisa merata untuk kelompok tani yang belum dapat,” ujarnya.

Terkait bentuk penilaian sehingga 10 kelompok ini yang menerima bantuan sapi bali tersebut, dijelaskannya, di mulai dari tahapan seleksi calon penerima dan calon lokasi (CPCL). Menurut dia, sebanyak puluhan kelompok tani yang mengusulkan bantuan sapi tersebut dilakukan penilaian. Banyak aspek penilaian yang dilakukan, seperti potensi kondisi wilayah tempat tinggal, potensi ekonomi, sosial budaya, tanggung jawab atau tidak.

Selain itu, kata dia, kelompok tani tersebut harus terdaftar di Badan Penyuluhan Pertanian dan Ketahanan Pangan (BP2KP). Di samping itu, kata dia, kelompok tani yang menerima bantuan itu wajib menandatangani surat perjanjian tidak akan melepaskan sapi bantuan itu berkeliaran di jalan raya dan fasilitas umum.

“Kalau ada sapi bantuan yang tandanya dibuat pada telinga hewan itu berkeliaran, langsung kita tarik dan alihkan kepada kelompok lain. Namun selama ini tidak pernah ditemukan sapi bantuan yang berkeliaran,” ujarnya lagi.

Dia menyebutkan, data populasi terbaru sapi tahun 2014 di daerah itu ini sebanyak 17.925 ekor, dana 2.556 ekor kerbau.(Sumber : merdeka.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response