Kemarau Panjang, Peternak Australia Harus Beli Air Untuk Minum Ternak Sapi

ternak sapi australia

Para peternak di Barat Daya Queensland yang terkenal sebagai pusat industri ternak sapi terpaksa harus membeli air tangki untuk menjaga ternak sapi mereka tetap hidup, menyusul kabar prakiraan cuaca yang menyebutkan peluang turun hujan sangat kecil.

Adavale merupakan kota kecil yang hanya memiliki satu pub dan kota ini menjadi pusat penghubung bagi industri peternakan sapi dan domba yang banyak terdapat di sekelilingnya.

Pemilik pub, Koss Siwers mengatakan di daerah itu belum pernah turun hujan yang signifikan selama hampir satu tahun dan menurutnya saat ini situasinya menjadi semakin sulit bagi penduduk setempat.

“Sejumlah pemilik peternakan mulai membeli air di tangki. Dan saya bertemu dengan banyak pengemudi truk tangki air yang datang dan bercerita betapa jauhnya mereka harus mengemudi berkeliling mengantarkan air tersebut,” katanya.

“Salah satu dari mereka singgah disini minggu lalu … Ia berkendara berkeliling sepanjang 120-kilometer non stop selama tiga hari, mengangkut air ke peternakan yang tidak memiliki sumur atau air artesis.

“Para peternak ini harus membeli air untuk memberi minum ternak-ternak mereka.”

Sejumlah kawasan sudah tidak pernah mendapatkan hujan selama 21 bulan.

Petugas dari Biro Meteorologi dan Klimatologi, Blair Trewin mengatakan laporan terakhir memastikan prediksi cuaca yang suram.

“Sebagian besar kawasan di Barat Queensland, untuk daerah yang berada sekitar 300 kilometer dari pantai, sekitar setengahnya memiliki curah hujan normal selama 12 bulan terakhir dan dalam beberapa kasus, kurang dari itu, “katanya.

“Masih ada potensi musim ini untuk berubah tapi sejauh ini kenyataannya sangat sedikit pergerakan,” tegasnya.

“Ada sedikit kabar baik kalau dalam waktu dekat, terlihat seperti ada prospek untuk setidaknya akan terjadi beberapa kali hujan di banyak daerah yang mengalami kekeringan pada beberapa hari mendatang yang setidaknya bisa membantu mereka mengatasi masalah kekeringan ini.”

“Laporan prakiraan cuaca musiman tampaknya tidak terlalu bagus untuk wilayah itu. Pada kuartal pertama tahun ini, prospek umumnya menunjukkan sekitar 60 sampai 65 persen kemungkinan curah hujan di bawah normal untuk sebagian besar Queensland,” katanya.

Menteri Pertanian Federal, Barnaby Joyce tengah dalam perjalanan menuju Toowoomba untuk memulai kunjungannya ke kawasan-kawasan yang terdampak kekeringan di Queensland.

Dia mengatakan dia ingin mengetahui sejauh mana kesulitan yang dihadapi para petani.

“Saya selalu sangat prihatin ketika orang harus menghadapi pilihan yang sulit yakni ketika mereka terpaksa harus menjual ternak mereka, karena biaya yang harus mereka keluarkan lebih besar dari apa yang akan mereka dapatkan,” katanya.

“Jika mereka meninggalkan ternak di kandang, ternak itu akan mati kelaparan, sehingga Anda tidak bisa melakukan hal itu. Jadi mereka dihadapkan pada pilihan satu-satunya untuk menembak mati ternak-ternak mereka. Dan itu bukan pengalaman yang baik bagi setiap orang yang terlibat.

“Ada beberapa ternak yang berada pada kondisi dimana mereka tidak bisa diangkut dan tentu saja pemiliknya kehabisan makanan tapi tidak memiliki uang untuk membeli makanan ternak, kita tahu apa alternatif yang tersisa yang bisa mereka lakukan selanjutnya,” tuturnya prihatin.

Tapi Joyce memastikan kalau ada dana bantuan dari kementeriannya untuk para pemilik ternak di kawasan itu.

“Saya telah memerintahkan Kementerian saya untuk mengevaluasi proses bagaimana penilaian ini dilakukan untuk memastikan dana bantuan itu diterima oleh mereka yang benar-benar membutuhkan,” papar Joyce.

“Dan tentu saja dana bantuan yang disediakan itu ditujukan untuk menutupi kebutuhan rumah tangga mereka untuk membeli makanan dan pakaian.”

“Saya tahu ada isu-isu lain yang belum dapat diselesaikan dan untuk itu saya akan mengupayakan yang terbaik untuk membahasanya dengan pihak-pihak yang terlibat dalam hal ini,” katanya. (Sumber : RadioAustralia)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response