Kelompok Ternak Amanah Mulya Sragen Maju Lomba Tingkat Nasional


DUNIATERNAK.COM, – Kelompok Ternak Amanah Mulya asal Kabupaten Sragen akan maju Lomba Ternak Tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Sebelumnya beberapa bulan lalu, Kelompok ternak ini memenangkan sebagai Juara Pertama Lomba Ternak Tingkat Jawa Tengah. Untuk memberi semangat kepada kelompok ternak yang baru berdiri tahun 2009 ini, Selasa (8/4) lalu Bupati Sragen Agus Fatchur Rahman mengadakan kunjungan kerja ke kantor KT. Amanah Mulya yang terletak di Desa Karangpelem Kec. Kedawung. Apresiasi sempat diberikan Bupati Sragen lantaran para anggota KT. Amanah Mulya banyak dari para kaum muda. “ Diversifikasi ternak semacam ini bisa dijadikan contoh oleh para muda lainnya, saya yakin mereka akan tertarik,” katanya.

Saat ini menurut Bupati, para anak muda dinilai mulai kurang tertarik dengan peternakan yang dikelola secara konvensional. Makanya bentuk-bentuk difersivikasi semacam ini sangat diperlukan untuk memancing minat anak muda berkecimpung di dunia peternakan. “Jika dikelola dengan cara konvensional saya yakin tidak akan diminati, lain halnya jika dikelola dengan cara modern seperti ini,” jelasnya.

Yang paling penting, kata Bupati, anak muda harus mempunyai greget / semangat yang kuat untuk maju. Bukti sudah diberikan oleh KT Amanah Mulya ini. Berkat Greget yang kuat, hanya dalam tempo lima tahun mereka sudah bisa berprestasi ditingkat provinsi. “Sebentar lagi saya yakin mereka akan juara di tingkat nasional,” tambahnya

Ketua KT Amanah Mulya, Ryas menjelaskan, saat ini jumlah kambing yang dikelola kelompok tani ini mencapai 250 ekor dari semula hanya 30 ekor pada tahun 2009 silam. Bahkan bila ditotal dengan jumlah kambing milik para mitra binaanya yang tersebar di berbagai kabupaten tetangga, bisa mencapai hingga 1000-an ekor. Tidak hanya kabupaten tetangga, kelompok ternak ini juga mulai dikenal sampai luar pulau Jawa. “Kelompok Ternak asal Kalimantan Timur pun juga pernah belajar ke kami,” ujar Ryas.

Pada kunjungan kerja yang didampingi oleh seluruh Kepala Satuan Kerja ini, Bupati juga menyatakan akan menjadikan Kecamatan Kedawung sebagai Sentra Peternakan Kambing Etawa. “Fokuskan disini dulu, setelah besar nantinya kecamatan-kecamatan lainnya bisa menirunya,” jelas Bupati.(Sumber : Sragenkab.go.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response