Kebumen Kembangkan Pembibitan Sapi PO

Sapi Peranakan Ongole - PO

Satu dari beberapa ternak unggulan kabupaten Kebumen adalah sapi Peranakan Ongol (PO), melihat potensi wilayah yang ada, Pemkab Kebumen terus berupaya mengembangkan pembibitan sapi PO.

Berdasarkan informasi dari Bagian Humas dan Protokol Setda Kebumen, saat ini populasi sapi PO Kebumen tersebar di 26 desa di enam kecamatan sepanjang kawasan Urut Sewu, yakni Kecamatan Puring, Petanahan, Klirong, Buluspesantren, Ambal serta Mirit. Tercatatm saat ini jumlah populasi mencapai sekitar 54 ribu ekor.

Pengembangan sapi PO di Kebumen juga didukung oleh ketersediaan jumlah hijauan pakan ternak yang cukup memadai. Rumput unggul, rumput lapangan, jerami padi serta limbah pertanian misalnya jerami padi, daun kacang, jagung serta kedelai saat ini paling banyak digunakan untuk pakan sapi PO.

Data Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Kebumen merinci, persediaan rumput unggul sebanyak 65,6 ton/tahun serta rumput lapangan 85,6 ton /tahun. Sedangkan limbah pertanian seperti jerami kacang tanah sejumlah 13,9 ton /hari, jerami padi 72,3 ton /tahun serta jerami jagung 31 ton/hari. Sementara untuk cadangan jerami kacang hijau 6,9 ton/tahun dan jerami kedelai 7,6 ton/tahun.

Selain ketersediaan hijauan pakan ternak yang memadai, satu faktor yang mendukung perkembangan peternakan sapi di Kebumen adalah kondisi dimana para petani Kebumen merasa bangga memelihara sapi jenis tersebut.

Wakil Bupati Kebumen Djuwarni AMdPd saat panen sapi pedet (anakan sapi, red) PO hasil uji performance di Desa Tanggulangin, Kecamatan Klirong, Kamis (6/2/2014) berharap agar pengembangan sumber bibit sapi PO di Kabupaten Kebumen terus dijaga. Hal itu dilakukan dengan terus-menerus memberikan pelatihan kepada para petugas peternakan baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, hingga tingkat desa dan kelompok tani ternak.

“Perhatian juga harus diperhatikan kepada petugas recorder sebagai ujung tombak perbibitan di perdesaan,” katanya. (Sumber : Tribun News)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

One Comment on "Kebumen Kembangkan Pembibitan Sapi PO"

  1. irham March 26, 2014 at 7:56 am - Reply

    boleh tau cara budidayanya dan membeli bakalan untuk dikembangkan pak…

Leave A Response