Kades Sumodikaran Berbagi Sukses Ternak Sapi Limosin

ternak sapi jumbo

Bojonegoro – “Jabatan adalah amanah untuk memimpin, namun untuk mendapatkan nafkah, haruslah memiliki usaha yang halal,” kata Kepala Desa (Kades) Sumodikaran, Kecamatan Dander, Bojonegoro, Jawa Timur, HJ Khotimah. Itu disampaikan berkaitan dengan berbagai perkembangan warganya yang semakin berinovasi dalam memenuhi kebutuhan hidup, khususnya di bidang peternakan.

Menurut kades yang baru dilantik Bulan Maret 2014 lalu itu, ia mulai tertarik dengan bidang peternakan, khususnya sapi sejak Tahun 1994 silam. ”Saya bersama suami menekuni dunia sapi di sini dengan ikhlas dan hasilnya ternyata dapat disukuri untuk nafkah keluarga, “ katanya di rumahnya, Jumat (18/07/2014).

Usaha sapi yang ditekuninya dengan H. Matdakir suaminya, agak berbeda dengan pengusaha lainnya, bukan menjadi jagal atau dibidang penggemukan. Melainkan membeli sapi yang masih berusia 5 hingga 6 bulan, kemudian sapi itu dijual ke peternak yang membutuhkan.

Hj Khotimah mengatakan, sapi yang dibelinya khusus jenis limosin, denga harga perekor Rp 4 juta hingga Rp 4,5 juta, dari Kabupaten Ngawi, Madiun hingga Jateng, sapi-sapi limousine anakan tersebut dikandangkan terlebih dulu di belakang rumahnya. Agar terjaga kesehatanny, tak jarang dirinya mengundang mantri peternakan dan kesehatan hewan.

Setelah itu sebulan atau kurang, dirinya mengundang calon pembeli ke kandang miliknya itu. “Untuk perbulannya penjualan sapi bibit ini bisa merncapai duapuluh ekor dan bahkan bisa lebih banyak, tergantung kebutuhan peternak dan dapatnya pembelian bibit sapi ini dari luar kota, “ jelasnya.

Hasil dari bisnis ternak sapi yang dilakuninya tersebut telah menuai hasil, untuk biaya sekolah kedua putranya dan cukup untuk ekonomi keluarga. “Termasuk bisa ke Mekkah bersama suami di Tahun 2007 lalu, rencananya akan haji lagi bersama anak anak, “ tambahnya yang berpesan untuk usahanya juga dibutuhkan kebersihan kandang dan dari usahanya telah mempekerjakan lima warga di desanya.

Menyinggung jenis sapi yang dipilih limosin, dikarenakan peternak hasil ternak sapi limosin memang punya beberapa keistimewaan tersendiri dibanding dengan sapi ternak jenis lainnya. Keistimewaan paling utama adalah proses pertumbuhannya lebih cepat, selain itu badan dan ukuran beratnya yang juga lebih bagus, sehingga jumlah dagingnya pasti lebih banyak.

Selain itu kwalitas sapi limousin juga dinilai lebih bagus dan lezat untuk dijadikan makanan. Maka tidak mengherankan bila nilai jual dari sapi jenis ini juga jauh lebih tinggi dan mahal. Sehingga keuntungan yang didapatkan oleh peternak atau pedagang tentu akan lebih banyak.

Keunggulan lain memelihara ternak sapi limosin adalah waktu yang dibutuhkan untuk penggemukan atau pertumbuhannya lebih pendek dan singkat. “Yang membuat para peternah lebih nyaman adalah, sapi ini juga lebih tahan terhadap serangan berbagai macam penyakit, terutama antraks, “ tambahnya.(Sumber : kanalbojonegoro.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response