Jamu Herbal Cegah Virus Mematikan Pada Ternak Bebek

Jamu Herbal Ternak bebek

Jamu Herbal Cegah Virus Mematikan Pada Ternak Bebek – Virus flu burung kembali menyerang sebagian hewan unggas di kawasan Jawa Tengah. Bahkan, wabah itu sudah bergeser ke kawasan Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Namun, pusat ternak unggas jenis Bebek di Kabupaten Cirebon yang berada di antara dua daerah tersebut, justru aman dari virus mematikan itu.

Ketua Kelompok Tani Ternak Itik Tingkat Nasional, Zamrud Egg Muda, Mito Bn Madiki, mengaku sudah mendapat kabar musibah itu dari rekannya yang berada di Pemalang, dan Subang.

“Beberapa hari lalu, rekan kami yang berada di Jawa Tengah mengabarkan sudah mati sekitar 60 ribu, dan di kawasan Subang tercatat sekitar 50 ribu,” katanya saat ditemui INILAH di rumahnya, Jumat (21/12) siang.

Ia yang merupakan warga Desa Kroya RT 7 RW 3 Kecamatan Panguragan, Kabupaten Cirebon menegaskan, untuk mengantisipasi virus mematikan itu, pihaknya sudah memiliki racikan khusus yang sudah dilakukan sejak 1995 hingga sekarang .

Racikan yang terbuat dari rempah-rempah alam itu terbukti sangat mujarab untuk menjaga daya tahan tubuh, dan memperkuat sistem peneluran atau peranakan bebek.

“Obatnya semacam jamu, namanya Walisanga. Racikan obat itu terdiri dari sembilan jenis, Sahang, Jahe, Kencur, Sereh, Pace atau Mengkudu, Kunir, Temu ireng, Daun sambilata dan Gula merah. Kemudian, dicampurkan jadi satu dan ditumbuk hingga halus. Setelah itu, direbus, dan ketika dingin segera diminumkan ke seluruh hewan unggas itu,” tambah Mito.

Ia melanjutkan, ramuan Walisanga bukan hanya untuk hewan ternak saja, namun para petani pun dianjurkan meminumnya karena hangat, sehat dan menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Terkait waktu penggunaannya, Mito biasa memberikan pada bebeknya selama 3 hari berturut-turut. Kemudian selama satu bulan kemudian libur alias tidak diminumkan, dan diminumkan kembali seperti awalnya. Ketekunannya mendalami ternak Bebek, menjadikannya disebut “dokter bebek”.

Yayan, pemuda yang bekerja di peternakan Mito menyatakan desanya Kroya Panguragan adalah kawasan ternak bebek. Lebih dari 60 persen warga di desa Kroya tersebut berprofesi sebagai peternak bebek.

“Hampir tidak ada pemuda pengangguran di desa kami. Semua berkerja, dan rata-rata pekerja ternak bebek. dari 1 rumah tangga saja, biasanya berternak antara 500-1000 ekor bebek.” jelasnya.

Sawod salah satu Anggota Kelompok Tani Ternak Itik, Zamrud Egg Muda menegaskan, sejak dirinya menjadi peternak itik, wabah mematikan tidak pernah menyerang ternaknya.

“Sejak kecil ikut orang tua hingga sekarang tidak pernah diserang virus mematikan dan tidak ada perawatan khusus, yang penting telaten, dan bersih. Dan diperhatikan makanannya,” katanya di kandang ternak bebeknya. (Sumber : Inilah)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

One Comment on "Jamu Herbal Cegah Virus Mematikan Pada Ternak Bebek"

  1. shodiqul amin January 27, 2016 at 4:17 am - Reply

    Assalamualaikum wr. Wb

    Nama saya shodiqul amin pak. Terimakasih atas informasi jamunya. Tetapi ada masih ada unek” dipikiran saya pak. Dari sembilan racikan tersebut saya masih belum paham tentng perbandingannya pak. Antara sahang jahe dan semua kombinasi tersebut. Jika bapak mau berbagi ilmunya saya mau mencobanya. Saya juga peternk bebek pemula.

    Terima kasih

Leave A Response