Ini Solusi dari Kementan Atasi Kelangkaan Pakan Ternak Ayam

DUNIATERNAK.COM, – Hari ini, para peternak ayam dan pengusaha pakan ternak menyambangi Komisi IV DPR, mengadukan kebijakan Kementerian Pertanian (Kementan) yang menahan jagung impor di pelabuhan, hingga menyebabkan harga pakan ternak melonjak 100% menjadi Rp 7.000/kg.

Akibat lonjakan harga pakan ternak ini, harga ayam dan telur ayam ikut melambung. Para peternak pun terancam gulung tikar karena tercekik mahalnya pakan ternak.

Untuk menurunkan harga pakan ternak sekaligus daging dan telur ayam, Direktur Pakan Ternak Kementan, Nasrullah, mengungkapkan dalam waktu dekat ini Perum Bulog akan segera mendatangkan 600.000 ton jagung impor.

“Kita akan impor tapi oleh Bulog. Silakan beli ke Bulog. Akhir Januari atau paling lambat awal Februari sebentar lagi masuk 600.000 ton jagung impor oleh Bulog,” kata Nasrullah, di Jakarta, Kamis (28/1/2016).

Dia menegaskan pihak swasta tidak bisa mengimpor jagung. “Sudah diputuskan dalam Rakortas di Kemenko Perekonomian tanggal 16 Januari 2016 bahwa impor jagung dikendalikan pemerintah melalui Bulog,” tandasnya.

Kebijakan ini, dia menjelaskan, diperlukan agar impor jagung terkendali, tidak terjadi banjir impor saat musim panen jagung di dalam negeri. Pada Februari hingga Maret akan ada panen raya jagung, pihaknya tak ingin jagung impor masuk dan merugikan petani lokal.

“Kita punya pengalaman kurang bagus di Januari-Maret tahun 2013, 2014, dan 2015. Februari-April 2015 impor jagung yang masuk hampir 1 juta ton, itu tertinggi selama setahun, itu di saat panen raya. Siapa yang mau tanggung jawab kalau harga jagung di petani jatuh sampai Rp 1.500/kg lagi?” tanyanya.

Diakuinya, para importir memang sudah menyampaikan permohonan rekomendasi, namun Kementan tidak memberikannya karena ingin mengendalikan impor agar tak menjatuhkan harga jagung lokal.

Karena tak ada rekomendasi, Kementan pun menahan jagung yang didatangkan para importir swasta. “Kalau tidak kami berikan rekomendasi, kenapa mereka impor?” tutupnya.(Sumber: detik.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.