Ibu-Ibu Super Peternak Ayam Kampung Super

usahaternakayamkampungsuper

Usaha ternak ayam jawa super atau ternak ayam kampung super kian populer di masyarakat. Tak hanya kaum adam, ibu-ibu pun ikut menggeluti usaha ternak ayam jawa super atau yang sering disebut sebagai ayam joper.

Seperti dilakukan ibu-ibu warga dusun Bedukan, Pleret, Bantul, DIY. Didampingi tim klaster peternakan RCDC MMTI (Masyarakat Ilmuwan & Teknologi Indonesia) mereka memilih bisnis ternak ayam jawa super untuk membantu menyokong perekonomian keluarga.

Usaha ternak ayam jawa super dipilih karena  permintaan ayam kampung yang cukup tinggi di masyarakat. Sementara produksi ayam kampung rendah dikarenakan waktu pemeliharaan ayam kampung asli hingga panen (siap dikonsumsi) memerlukan waktu yang cukup lama

Sehingga dipilihlah ayam jawa super atau ayam kampung super yang waktu pemeliharaanya relatif  lebih cepat yakni selama 2-2.5   bulan sudah siap dipanen. Kelebihan ayam jawa super tersebut yang faktor utama pemlihian bisnis di bidang peternakan ayam jawa super.

Ibu-ibu yang bergabung dalam kelompok ternak ayam jawa super saat ini berjumlah 16 orang dan dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing masing kelompok 4 anggota. Masing-masing kelompok akan memelihara ayam jawa super sebanyak 500 ekor, mulai dari DOC (Day Old Chick/anak ayam umur sehari) sampai dengan panen.

Ternak ayam jawa super tersebut dilakukan langsung oleh kelompok dengan didampingi tim klaster peternakan RCDC MITI  sebagai pengawas dan pembantu pemeliharaan, namun secara keseluruhan kelompoklah yang lebih banyak bekerja.

Tim klaster peternakan membantu dalam pengadaan sarana produksi ternak ayam kampung super, perlengkapan kandang, DOC ayam kampung super, pakan dan obat.

Pemeliharaan ayam kampung super tidak dilakukan serempak untuk semua sub kelompok, tetapi dilakukan pembagian dan penjadwalan memulainya pemeliharaan ayam.

Penjadwalan ini dilakukan untuk menghindari jumlah panen ayam kampung super yang melimpah serta untuk mendapatkan waktu panen ayam yang berkesinambungan sehingga ayam kampung super dapat tetap tersedia sewaktu-waktu dibutuhkan. (Sumber : miti.or.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response