Harga Daging Tinggi, Peternak Sapi Perah Jual Ternaknya

Ternak Sapi Perah Banyuwangi

Para peternak sapi perah di Pasuruan, Jawa Timur menjual hewan ternaknya demi mendapatkan keuntungan. Hal ini didorong tingginya harga daging sapi yang bisa mencapai Rp 95.000/Kg.

“Sudah banyak yang menjual sapi perahnyan karena harga daging naik,” ujar seorang peternak sapi perah, bernama Gatot Larsono di Pasuruan, Jawa Timur, Rabu (29/5/2013).

Gatot mengaku sebagai pelopor ternak sapi perah di Dusun Sudimoro, Desa Pucangsari, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, menuturkan faktor lain yang mendorong para peternak menjual sapi perahnya karena biaya produksi yang tak berimbang dengan harga susu yang dijual peternak.

“Disini dulu dusun miskin, saya kenalkan sapi perah dan kini sudah memperbaiki ekonomi warga. Tapi mahalnya biaya perawatan atau produksi tak seimbang dengan harga susu yang dibeli. Karenanya banyak peternak menjual sapinya,” terang Gatot.

Harga jual susu melalui Koperasi Unit Desa (KUD) Dadi Jaya di wilayah setempat per liternya sebesar Rp 3.175. Hasil produksi tersebut kemudian dikelola oleh PT. Nestle sebagai produk turunan lainnya.

“Tiap hari saya bisa jual 20 liter susu. Untuk pagi 12 liter, sisanya perasan sore hari,” aku Ngiyati salah satu warga disela menyetor susu di KUD Dadi Jaya.

Peternak sendiri berharap, harga jual susu bisa dinaikkan dengan didorong peningkatan jumlah produksinya. Hal itu bertujuan mengantar peternak untuk mengimbangi biaya produksi yang sudah dikeluarkan.

Menanggapi itu, Waki Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi berjanji akan berusaha keras menekan harga daging sapi di pasaran. Targetnya, sebelum Ramadhan dan Lebaran nanti harga daging sapi bisa turun menjadi Rp 75.000 per Kg.

“Itu langkah kami agar peternak tidak menjual hewan ternaknya,” ujar Bayu.

PT. Nestle sudah bermitra dengan 35.000 peternak sapi perah dengan jumlah sapi perah sebanyak 75.000 ekor di wilayah Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan. Targetnya 1 juta liter susu per harinya bisa diproduksi di wilayah tersebut.  (Sumber: Detik Finance)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response