Gorontalo Dorong Ternak Ayam Kampung Unggul (AKUR)

Pembibitan Ayam Kampung

Pemda terus melaksanakan program pengembangan ternak ayam kampung unggul Rusli (AKUR) dan kini Kelurahan Tuladenggi, Kecamatan Dungingi, Kota Gorontalo, mendapatkan giliran untuk pengembangan bibit AKUR tersebut.

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie, Selasa (12/3) kemarin, menyerahkan langsung pembagian bantuan bibit AKUR kepada empat kelompok perternak yang ada di wilayah itu.

Bibit ayam KUR merupakan hasil kerjasama badan penelitian dan pengembangan (Balitbang) Kementerian Pertanian dengan Pemprov Gorontalo. Selain pemberian bantuan bibit AKUR itu, pemprov juga memberikan bantuan pembuatan kandang, pakan dan obat ternak secara gratis selama satu periode panen.

“Semuanya kita berikan gratis, lengkap dengan pendamping penyuluh peternakan untuk membina masyarakat. Diharapkan masyarakat dapat menggunakan peluang ini untuk beternak dan berusaha meningkatkan kesejahteraannya,” tutur Rusli Habibie saat acara penyerahan itu.

Ayam KUR sendiri banyak membutuhkan waktu 70 hari untuk panen. Keuntungan dari penjualannya diharapkan dapat diputar kembali menjadi modal usaha pada periode berikutnya.

“Periode kedua petani bisa membeli di pusat pembibitan di Lonuo. Jangan keuntungan yang didapat hanya habis beli gorden baru atau uang muka beli motor. Tapi saya harap program ini bisa berkelanjutan,” harapnya.

Gubernur juga mewanti-wanti dinas terkait bahwa dalam pemberian bibit ayam harus dilakukan secara selektif dan objektif. Ia tidak ingin pemberian bantuan hanya di monopoli orang orang tertentu.

“Konsep bantuan saya sekarang tidak boleh lagi hanya monopoli orang tertentu. Semua bantuan hanya itu terus yang dapat. Itu tidak boleh. Bantuan harus merata dan tepat sasaran,” tegasnya.

Terkait pelaksanaan beberapa program pemerintah yang selama ini masih mendapatkan penolakan dari Pemkot Gorontalo, Gubernur Rusli Habibie mengatakan, ia menginginkan pemimpin yang mau bersinergi dengan Pemerintah Provinsi.

“Yang terpenting sekarang adanya harmonisasi antara pemkot dengan pemprov. Kalau ada kerjasama, maka rakyat yang akan sejahtera. (Sumber : Infopublik)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response