Dukuhtengah Juara II Desa Ternak Sehat

desa-ternak-sehat

DUNIATERNAK.COM, – Satu prestasi membanggakan berhasil diraih Desa Dukuhtengah, Kecamatan Margasari, Kabupaten Tegal. Pasalnya, Desa Dukuhtengah dinobatkan sebagai juara II Lomba Desa Ternak Sehat tingkat Provinsi Jawa Tengah tahun 2015. Piala, sertifikat penghargaan, dan uang pembinaan telah diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko kepada desa tersebut pada acara puncak peringatan Hari Pangan Sedunia 2015 di Desa Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Rabu (25/11).

Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal, Toto Subandriyo mengatakan, lomba Desa Ternak Sehat tersebut bertujuan untuk menumbuhkan dan mendorong semangat, kreatifitas, dan partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dalam upaya mewujudkan desa sehat dengan memanfaatkan potensi peternakan yang ada. ”Lomba tersebut juga memberikan motivasi kepada aparatur pemerintah seperti kami untuk memacu daerah dalam mewujudkan desa yang sehat dengan memanfaatkan potensi peternakan,” kata Toto, Kamis (26/11).

Dengan berhasil meraih gelar juara II, kata Toto, diharapkan para peternak di Desa Dukuhtengah tersebut bisa terus termotivasi untuk meningkatkan kualitas usaha ternaknya. ”Peternak, petugas dan aparat desa bersama-sama meningkatkan kualitas usaha ternaknya dengan memperhatikan prinsip-prinsip budidaya ternak,”kata dia. Desa Dukuhtengah dianggap mampu memenuhi aspek kriteria penilaian. Seperti kandang ternak terpisah dari rumah dengan kondisi kandang bersih, nyaman, baik, dan sehat bagi ternak maupun masyarakat dalam hal ini peternak itu sendiri.

Toto menjelaskan, Desa Dukuhtengah, Kecamatan Margasari tersebut merupakan desa ternak binaan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Kabupaten Tegal. Berbagai program dan kegiatan telah difasilitasi oleh DKPP antara lain bantuan pengembangan sapi, instalasi biogas, serta pelayanan Inseminasi Buatan (IB) serta kesehatan hewan. ”Keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras kita semua dalam pembangunan peternakan. Para peternak, pemerintah desa, petugas peternakan dan stake holder lainnya. Untuk itu prestasi ini agar bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan ke depannya,” imbuh Toto.(Sumber: Suaramerdeka.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.