DIY Siap Pasok Kebutuhan Daging Sapi Nasional

harga daging sapi

Tahun 2013, DI Yogyakarta mampu mengirimkan 15 ribu ekor sapi potong ke DKI Jakarta, bahkan untuk swasembada daging sapi pada 2014, DIY siap menyokong setidaknya 10 persen dari total kebutuhan daging sapi.

Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian (Distan) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sutarno, mengatakan mulai awal Januari hingga saat ini, DIY telah menyalurkan 3.000 ekor sapi untuk kebutuhan DKI Jakarta. Sementara itu untuk menambah penyaluran daging sapi pihaknya akan melakukan penambahan dan perbaikan rumah pemotongan hewan (RPH) di DIY.

Jumlah sapi potong yang dikirim ke luar DIY (terutama Jakarta dan Jawa Barat) sekitar 1500 per bulan. Pemasok sapi terbanyak yakni sekitar 50 persen berasal dari Kabupaten Gunungkidul. Sedangkan sisanya (50 persen) berasal dari Kabupaten Bantul, Kabupaten Kulonprogo dan Kabupaten Sleman.

Dia mengatakan pihaknya tidak bisa mengintervensi peternak sapi potong DIY yang menjual sapi ke luar DIY. Karena mereka mengambil kesempatan untuk mendapatkan harga jual yang tinggi.

“Namun mereka tetap kita batasi supaya tidak menjual sapi yang produktif. Jadi yang peternak jual ke luar DIY adalah sapi potong yang sudah tidak produktif,” katanya menjelaskan.

Sementara itu populasi sapi di DIY pada 2013 ditargetkan mencapai 385.000 ekor, meningkat dari jumlah tetap populasi sapi pada 2012 sebanyak 358.000 ekor. Dalam pemenuhan terget penyaluran sapi, Distan DIY menyiapkan berbagai program peningkatan populasi sapi.

Program tersebut antara lain berupa pemberian insentif bagi peternak yang memiliki sapi bunting minimal lima bulan. Untuk tahun 2013, kata dia, pemberian insentif tersebut ditujukan kepada 16 kelompok peternak dengan target 265 ekor sapi bunting. Setiap peternak akan diberikan insentif Rp 600.000 per ekor sapi dengan total keseluruhan Rp180 juta.

Dinas pertanian juga akan memberikan fasilitas lainnya bagi peternak sapi. Fasilitas tersebut berupa pemberian bibit atau induk sapi bagi 24 kelompok peternak sapi di DIY. Masing-masing kelompok, kata dia, rencananya akan diberikan 30 ekor sapi sehingga total keseluruhan sebanyak 720 ekor sapi.

“Tahun ini peternak sapi potong di DIY mendapat insentif sekitar Rp 2,88 miliar, supaya sapi potong dari DIY terus tersedia dan ini sekaligus untuk mengantisipasi kebutuhan saat Idul Adha nanti. Dana tersebut dari APBN,” terangnya.

Terkait dengan permasalahan pasokan sapi potong, Pemda DIY pun melakukan pembatasan distribusi penjualan sapi keluar daerah. Kebijakan tersebut diatur dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Gubernur DIY bernomor 524/0416.

Di dalam surat yang dikeluarkan 31 Januari lalu tersebut, sapi dengan bobot 400 kilogram atau lebih tidak diperbolehkan untuk dijual keluar DIY. Selain itu untuk sapi betina yang masih produktif, juga dilarang dijual keluar daerah. (Sumber : Tempo)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response