Distanak Seruyan Genjot Populasi Sapi

Ternak Sapi Potong NTT

DUNIATERNAK.COM, – Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah terus berupaya menggenjot jumlah populasi sapi potong dengan pemberian bantuan bibit sapi jenis unggul kepada kelompok peternak.

“Pada 2016, kita terus menggenjot peningkatan jumlah populasi sapi dengan memprogramkan bantuan sapi bagi para peternak,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Seruyan Sugian Noor di Kuala Pembuang, Kamis.

Mantan Asisten II Setda Seruyan ini menyebutkan, bantuan sapi bagi peternak berasal dari Program Kalteng Besuh sebanyak 50 ekor ditambah 20 ekor sapi yang berasal dari APBD Seruyan.

“Ada jga Program Sawit Sapi yang jumlahnya belum diketahui, tapi kalau melihat tahun lalu bantuan dari ini jumlahnya mencapai 250 ekor yang dilaksanakan di Kecamatan Hanau, Batu Ampar dan Seruyan Tengah,” katanya.

Selain pemberian bantuan bibit sapi unggul, upaya menggenjot populasi sapi di “Bumi Gawi Hatantiring” juga dilakukan dengan penanganan gangguan reproduksi, dan intensifikasi inseminasi buatan atau kawin suntik.

Selain itu, ada juga pengembangan pakan ternak, pengembangan padang penggembalaan, pelayanan kesehatan hewan, penyelamatan betina produktif dan pengembangan integrasi ternak.

“Kita juga berupaya untuk meningkatkan pengetahuan para peternak dengan melaksanakan pelatihan penanganan penyakit menular pada hewan, khususnya ternak sapi, kambing dan kerbau,” katanya.

Sementara Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Seruyan Agus Bernaldus mengatakan, pertumbuhan sapi dan kerbau di Seruyan dalam tiga tahun terakhir mengalami peningkatan.

Dari hasil pendataan BPS Seruyan tahun 2011 lalu terhadap sapi potong, sapi perah dan kerbau, populasi sapi dan kerbau di Seruyan saat itu hanya berjumlah 6.602 ekor. Namun pada 2013 meningkat sekitar 12,27 persen menjadi 7.412 ekor.

“Selama tiga tahun terakhir, populasi sapi dan kerbau mengalami peningkatan sekitar 12,27 persen. Sapi dan kerbau tersebut merupakan hasil usaha peternak rumah tangga di wilayah ini,” katanya. (Sumber: antarakalteng.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.