Disnakan Segera Salurkan Bantuan Pengembangan Itik Lokal

Ternak Itik Lokal

Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, dalam waktu dekat akan memberikan bantuan pengembangan ternak itik lokal kepada 13 kelompok peternak di daerah itu.

“Bantuan pengembangan ternak itik lokal Talang Benih tahun ini akan diberikan kepada 13 kelompok peternak, dengan rincian 10 kelompok pembiayaannya bersumber dari APBD Kabupaten Rejanglebong dan tiga kelompok lainnya dibiayai APBD Provinsi Bengkulu,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) Rejanglebong Amrul Eby saat menggelar diskusi pengembangan program agribisnis Itik Talang Benih di Kelurahan Talang Benih, Kecamatan Curup, Senin.

Kelompok penerima bantuan pengembangan ternak itik Talang Benih tersebut kata dia, diambil 26 proposal kelompok peternak yang diajukan kepada pihaknya, dari semua proposal yang masuk pihaknya harus menyeleksinya mengingat keterbatasan anggaran yang mereka miliki.

Anggaran pengembangan ternak itik varietas lokal itu tambah dia, diambil dari dana APBD Rejanglebong 2015 dengan jumlah keseluruhan Rp150 juta, di mana bantuan akan diberikan dalam bentuk bibit itik dara sebanyak 125 ekor per kelompok kemudian ditambah pakan starter, pelatihan serta berbagai kebutuhan penunjang usaha peternakan.

Sementara itu, untuk bantuan yang berasal dari Disnakan Provinsi Bengkulu sejauh ini pihaknya belum mengetahuinya, namun yang pihaknya telah memasukannya dalam penyusunan R-APBD 2016 jika nantinya bantuan tiga kelompok ini tidak memadai, bersamaan dengan 13 kelompok peternak lainnya yang belum mendapatkan bantuan pada tahun ini.

Pengembangan ternak itik lokal itu sendiri kata dia, bertujuan untuk membantu pemenuhan kebutuhan daging serta telur daerah itu serta meningkatkan pendapatan masyarakat melalui usaha peternakan.

Program pengembangan ternak lokal itu sendiri akan terus dilaksanakan pihaknya, baik dengan menggunakan anggaran yang bersumber dari APBD setempat maupun melalui kerjasama dengan pihak Bank Indonesia cabang Bengkulu, serta melakukan pendampingan kepada kelompok peternak.

“Pemberian bantuan pelatihan ini kita lakukan kepada delapan kelompok peternak yang tersebar di sejumlah kecamatan di antaranya Kecamatan Padang Ulak Tanding, Bermani Ulu, Bermani Ulu Raya, Curup Timur dan Curup Utara,” katanya.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.