Diskanak Rohul Targetkan Vaksin 2 Ribu Ekor Sapi

vaksinasi masal ternak sapi

PASIRPENGARAIAN – Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dalam bulan ini, menargetkan sekitar 2.000 ekor sapi milik petani di 16 kecamatan telah diberi vaksin dan pengobatan ternak gratis.

Kegiatan rutin yang dikenal dengan Gerakan Serba Bisa (GSB) oleh Diskanak Rohul itu, sasarannya ternak Sapi milik petani. Ini dalam rangka mengantisipasi terserangannya penyakit terhadap ternak sapi akibat perubahan cuaca yang tidak menentu saat ini di Rohul.

Pernyataan tersebut diungkapkan Kepala Diskanak Rohul Drs Marjoko didampingi Sekretaris Indra Juni SP kepada wartawan, Selasa (5/8), usai melaksanakan rapat koordinasi dengan para Kabid, UPTD, Kasi dan staf di lingkungan Diskanak Rohul.

Menurutnya, pemberian vaksin, imseminasi buatan (IB), pemeriksaan hewan bunting dan pengobatan ternak sapi petani ini, sudah menjadi agenda rutin Diskanak yang biasanya rutin dilakukan tiga bulan sekali, dalam rangka pencegahan penyakit terhadap sapi.

Sekaligus, kegiatan GSB ini, memantau populasi ternak sapi yang ada di 16 kecamatan. ‘’Kegiatan GSB seperti pemberian vaksin, IB, pemeriksaan, pengobatan, tidak hanya diprioritaskan kepada ternak sapi petani yang telah dibantu pemerintah daerah. Tapi sapi milik masyarakat kami prioritaskan di 16 kecamatan,’’ ujarnya.

Marjoko mengatakan, kegiatan GSB itu, akan digilir di 16 kecamatan. Direncanakan pemberian vaksinasi ternak sapi dimulai Senin (11/8) mendatang, di SKPA Kecamatan Rambah. Disinggung sistem pemberian vaksin, pemeriksaan dan pengobatan ternak sapi gratis terhadap petani apakah petugas langsung datang ke kandang petani, Marjoko mengatakan, pihaknya telah membentuk tim, untuk melakukan GSB.

Para petani mengumpulkan ternak sapi di lapangan, lalu tim Diskanak Rohul memberikan vaksinasi, pemeriksaan kesehatan dan ternak bunting. Kalau ada sapi petani yang mengalami sakit, diberikan pengobatan.

‘’Untuk Kecamatan Bangun Purba, pertengahan Juli lalu, telah diberikan vaksin terhadap ternak kerbau milik petani. Sedang ternak sapi dimulai pekan depan,’’ ujarnya mengakhiri.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response