Dinas Peternakan Rejanglebong Siapkan Kolam dan Kandang Pintar

kolam-kandang

DUNIATERNAK.COM, – Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu tengah menjalin kerja sama dengan kantor perpustakaan setempat dalam menyiapkan program kolam dan kandang pintar.

“Saat ini sudah kami siapkan satu lokasi untuk kolam pintar dan dua kandang pintar, yaitu di lokasi kolam pemancingan dan kandang ternak ini disiapkan buku-buku bacaan penunjang usaha perikanan dan peternakan serta pengetahuan umum lainnya sehingga selain berekreasi mereka juga bisa menimba ilmu pengetahuan,” kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakan) Rejanglebong, Amrul Eby, di Rejanglebong, Sabtu.

Program pengembangan kolam dan kandang pintar itu, kata dia, sudah mereka siapkan sejak April 2015 lalu.

Namun sampai sekarang belum berjalan, kendati lokasi kolam pintarnya sudah ada yakni di kawasan Danau Bermanie di Kecamatan Curup Utara, dan dua unit kandang ternak itik Talang Benih yang merupakan itik varietas lokal Rejanglebong satu lokasi di Kelurahan Talang Benih Kecamatan Curup dan satu lokasi lagi berada di Desa Rimbo Recap Kecamatan Curup Selatan.

Program ini jauh-jauh hari sudah disiapkan menyusul adanya surat kerja sama dari kantor Perpustakaan Daerah dan Arsip Rejanglebong yang mengajukan proposal kerja sama dalam rangka meningkatkan minat baca kalangan masyarakat di daerah itu, dengan pembentukan kolam dan ternak pintar.

Pada lokasi kolam dan kandang pintar ini, katanya lagi, Disnakan Rejanglebong akan menyiapkan lokasi beserta ikan dan ternak pendukung usahanya, sedangkan pihak perpustakaan menyiapkan buku, leaflet, majalah, dan sarana bacaan lainnya berkenaaan dengan perikanan dan peternakan serta pengetahuan umum.

“Dari program ini nantinya akan lahir usaha turunan lainnya, seperti penyediaan tempat makanan dan minuman, penjualan ternak dan ikan hasil kolam serta jasa lainnya yang akan memberikan pendapatan bagi peternak dan warga di sekitar lokasi kolam maupun kandang pintar ini,” katanya pula.

Kepala Perpustakaan Daerah dan Arsip Rejanglebong, Ismail mengatakan, program kolam dan ternak pintar ini akan dilaksanakan pada 2016 mendatang, karena anggarannya akan dimasukkan dalam penyusunan APBD setempat tahun depan.

“Program ini sangat bagus, kami sudah melakukan studi banding ke Kota Cimahi Provinsi Jawa Barat dengan program kolam dan kandang pintar ini sudah berjalan dengan baik. Setiap hari selalu ramai dikunjungi oleh warga yang akan membaca buku, berekreasi sambil makan, memancing atau mempelajari usaha ternak,” kata dia lagi.

(Sumber: antarnews.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.