Dari Ternak Tikus Putih Jefry Raup Uang Jutaan Rupiah

ternak-tikus-putih

DUNIATERNAK.COM, – Mungkin sebagian orang menganggap tikus adalah hewan kotor, menjijikkan, dan juga dianggap hama bagi masyarakat awam. Namun siapa sangka dibalik itu semua ternyata tikus-tikus ini dapat menghasilkan pundi-pundi rupiah, khususnya bagi peternak tikus putih atau mencit ini. Biasanya tikus inj kerap kali menjadi pakan reptil, burung pemangsa daging dan juga objek penelitian.

Seperti yang dialami Jefry, salah seorang peternak tikus putih di Kota Palembang, tepatnya di Jalan Rawang Sari Kelurahan Sukamoro, Kecamatan Talang Kelapa.

Ia mengaku, dari usaha inilah ia bisa mendapatkan uang tambahan diluar pendapatan gaji bulannya sebagai seorang karyawan kantoran.

“Awalnya saya memang seorang pecinta hewan, dimana hewan-hewan yang saya pelihara ini perlu pakan, yakni tikus putih ini. Namun lama kelamaan saya iseng-iseng coba ternak sendiri tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pakan hewan peliharaan saya saja, eh ternyata banyak teman yang juga minta tikus hasil ternakan saya. Dari sinilah saya melirik kesempatan tersebut sebagai peluang bisnis,” ujarnya, Jumat (4/12/2015).

Cara pemeliharaan tikus putih tak susah, berkembang-biak pesat, serta butuh modal dan lahan tidak terlalu besar. Cukup satu kali periode panen, titik break even point alias balik modal sudah dapat dicapai.

“Pertama kali ternak lima ekor dulu, total modal saya sekitar Rp 100 ribulah untuk mempersiapkan lahan pengembang biakannya. Tapi, lama-lama sekarang sudah bisa mengembangkan sekitar 2000 ekor perperiode panen. Dimana periode pengembang biakannya sekitar 2-3 bulan. Meskipun begitu, tikus putih yang baru lahir juga sudah bisa dijual,” ungkap Jefry.

Jefry menambahkan, tikus putih baby atau pinkis ini biasa dijual perekornya dengan harga Rp 10 ribu/tiga ekor. Sedangkan, tikus putih berukuran besar ia jual Rp 5 ribu per ekornya.

“Omset per minggu yang saya dapat bisa Rp 500 ribu. Biasanya konsumen yang rutin beli tikus putih ternakan saya adalah pemilik pet shop atau dari komunitas pecinta hewan,” katanya.

Sebagai informasi tambahan, Tingkat permintaan pasar terhadap tikus putih sangat besar. Sayang, budidaya tikus putih masih belum banyak diminati banyak orang. Kondisi seperti itu mengisyaratkan bahwa pintu sukses budidaya tikus putih terbuka lebar untuk Anda.

“Apalagi untuk permintaan ekspor juga tinggi saat ini, sehingga peluang usaha ini cukup besar,” tutur. (Sumber: tribunnews.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.