Cegah Penyakit, Peternak Sapi Sumenep Lakukan Perawatan Ekstra

ternak sapi madura

Para peternak sapi di kabupaten Sumenep mengaku mulai khawatir terhadap hewan peliharaannya saat memasuki musim penghujan seperti sekarang. Mereka harus melakukan perawatan lebih ekstra terhadap sapinya, karena penyakit flu, perut kembung, diare dan kejang kejang, menjadi penyakit musiman yang sering menyerang sapi pada musim hujan.

Menurut Syafi’ei, salah satu peternak sapi Desa Nyapar Kecamatan Dasuk, serangan penyakit itu selalu muncul saat musim penghujan tiba. Maka, ia bersama peternak yang lain sangat khawatir dengan kondisi ini, karena jika penyakit sapinya tidak cepat teratasi maka bisa akan menyebabkan kematian dan peternak terancam merugi.

“Jika musim hujan tiba, para peternak sapi harus betul-betul memberikan perawatan ekstra, menjaga kondisi sapi tetap sehat agar tak mudah diserang penyakit. Caranya, dengan memberi suplemen serta menjaga pakan yang akan diberikan benar-benar bersih dari bakteri dan kering,” paparnya, Rabu (30/1).

Kekhawatiran terhadap penyakit hewan ternak masih terus menghantuinya, disamping kondisi ini menyebabkan mereka harus mengeluarkan biaya tambahan yang banyak untuk pemberian suplemen yang dilakukan setiap minggu sekali. Bahkan ia harus memeriksakan kondisi kesehatan ternaknya pada mantri hewan, agar dapat memastikan hewan peliharaanya dalam kondisi sehat.

“Jika musim hujan ternak lebih mudah terserang penyakit, apalagi rumput yang diberikan selalu basah oleh air hujan. Maka harus dikeringkan terlebih dulu,” tuturnya, saat ditemui di rumahnya.

Arif Rusdi, Kepala Dinas Peternakan, Kabupaten Sumenep, membenarkan, jika pada waktu musim hujan banyak ternak sapi yang terserang penyakit. Disamping faktor cuaca yang tidak bersahabat, juga kondisi pakan yang selalu basah oleh guyuran air hujan, juga rentan menyebabkan ternak sakit.
“Bila musim hujan tiba, peternak agar lebih waspada mengawasi hewan peliharaannya, karena kondisi seperti ini biasanya hewan ternak mudah terserang penyakit,” tuturnya mengingatkan.

Ia mengimbau agar peternak selalu mengawasi kesehatan hewan peliharaannya agar terhindar dari serangan penyakit, serta memudahkan penanganan jika sapinya terkena penyakit sebelum kondisinya parah. Pihaknya juga minta para peternak agar selalu berkordinasi dengan Dinas Peternakan, yang sewaktu-waktu dapat memeriksa secara langsung kondisi kesehatan hewan ternaknya. (Sumber : Surabaya Post)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response