Cara Mudah Menjodohkan Burung Kenari

Cara Memilih Induk Kenari

Ternak kenari  merupakan salah satu peluang usaha yang pantas dilirik. Selain tidak terlalu susah dilakukan, bisnis ternak kenari juga bisa memberikan untung yang cukup fantastis.

Agar ternak kenari bisa sukses ada beberapa hal yang perlu diketahui oleh para peternak khususnya peternak kenari pemula. Dimulai dari cara memilih induk kenari untuk diternakkan, kali ini akan ditampilkan cara untuk menjodohkan burung kenari.

Proses perjodohan kenari penting diketahui karena merupakan salah satu faktor penting penentu keberhasilan penangkaran kenari.

Ciri Kenari Siap Kawin

Burung Kenari jantan yang siap kawin biasanya akan lebih rajin berkicau dan cenderung menurunkan kedua sayapnya sewaktu berkicau. Suara kicauannya pun akan lebih nyaring, lebih lantang dan dengan irama panjang dan tidak terputus-putus.

Selain itu kenari jantan siap kawin tersebut akan menunjukkan gerakan naik turun sangkar ketika didekatkan pada burung kenari betina.

Sementara kenari betina yang siap kawin akan terlihat gelisah bila mendengar suara kenari jantan. Selain itu sayap kenari betina akan dikepak-kepakan sambil mencicit bila mendengar suara si jantan.

Ciri lainnya adalah kenari betina akan kerap mengangkut bulu, daun kering atau kertas untuk dibawa terbang kesana kemari.

Selain ciri fisik diatas, tanda kenari yang yang kawin bisa diketahui dengan melihat alat kelamin burung kenari. Bila terlihat memerah dan membengkak maka itulah tanda kenari telah siap kawin.

Cara Menjodohkan Kenari

Ada sejumlah cara untuk menjodohkan kenari. Masing-masing penangkar kenari memiliki teknik jitu sendiri untuk menjodohkan kenari. Namun secara umum cara menjodohkan kenari biasanya dilakukan dengan cara sebagai berikut :

Dekatkan kandang kenari jantan dan betina secara berdampingan. Proses ini dilakukan agar kenari jantan dan betina saling berkenalan terlebih dahulu.

Jika kenari jantan telah terlihat sering berkicau sambil menabrak ruji kandang, dan kenari betina terlihat membungkuk ketika mendengar kicauan kenari jantan maka itu tandanya kenari sudah mulai berjodoh. Ciri lain kenari yang mulai berjodoh adalah terlihat saling meloloh. Pada kondisi ini induk kenari sudah bisa disatukan dalam kandang yang sama.

Pada saat awal disatukan, kenari jantan terkadang akan menyerang dan bertarung dengan kenari betina. Pada proses ini penting bagi penangkar untuk secara teratur mengawasi indukan kenari tersebut.

Jika selama 2-3 hari burung kenari tersebut masih terlihat saling bertarung maka segera pisahkan kenari jantan dan betina untuk kemudian proses perjodohan diulang kembali.

 

 

 

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response