Bupati Dorong Kampar Agar Manjadi Sentra Daging

kualitas daging sapi lokal

Kalau ingin Kampar menjadi sentra daging maka melalui Dinas Peternakan mulai Kepala Dinas, Kepala Bidang sampai jajaran pegawai bawah dan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) di tiap Kecamatan memiliki atau memelihara ternak sapi, kambing atau ayam dan hewan ternak lainnya. Hal itu dilakukan untuk memberikan contoh dan motivasi yang riil kepada masyarakat dalam menjalankan usaha peternakan.

Demikian disampaikan Bupati Kampar H Jefry Noer, Senin (1/12) ketika memberi arahan pada peserta pertemuan petugas peternakan Sekabupaten Kampar di Tiga Dara Hotel selama dua hari.

Jefry Noer mengulas hadits Nabi SAW bahwa “Sampaikan apa yang kamu lakukan dan jangan hanya bisa bercerita”. Gunanya agar pegawai atau UPTD memiliki hewan ternak yaitu Untuk memberi tambahan penghasilan, lalu untuk contoh atau demplot bagi masyarakat, sebagai media sosialisasi dalam menjelaskan cara merawat hewan, memilih hewan unggul sebagai bibit.
Kepada Kepala Dinas (Kadis), Jefry mengharapkan sampai kepada Kepala Bidang (Kabid) dan UPTD harus memiliki atau memelihara ternak, apakah itu sapi, Kambing, ayam dan lainnya agar dapat menjelaskan kalau ada yang bertanya tentang bagaimana memelihara ternak sekaligus sebagai contoh langsungnya kan ada.

“Bukan pula dengan memiliki dan memelihara hewan ternak itu agar beralih fungsi dan tugas menjadi petani, tetapi untuk memberi tambahan penghasilan dan menjadi pegawai yang enterpreneuship yaitu pegawai yang berjiwa usaha,”ucapnya. Kadis dan seluruh jajaran harus punya hewan ternak dan harus komit dengan kesepakatan itu, gunanya untuk menambah penghasilan dan motipasi.
“Jangan ada yang mengatakan bahwa Kampar tidak cocok untuk pelihara sapi perah atau ternak Kambing, karena tidak ada yang tidak bisa dipelihara di Kampar, kuncinya dengan ilmu,”tegasnya.

Sementara Kadis Peternakan dan kesehatan hewan (Disnak Keswan) Ir Hj Nurhasani MM mengatakan tujuan pertemuan petugas peternakan se Kabupaten Kampar adalah untuk mengevaluasi hasil kinerja petugas peternakan di lapangan, untuk menjadwalkan penarikan setoran ternak yang ada di seluruh lokasi penyebaran ternak dan menjadwalkan redistribusi ternak setoran di wilayah kecamatan yang telah mengirimkan proposal ke Disnak dan Keswan Kampar.

Kemudian untuk mengevaluasi data laporan riil, memantapkan persiapan penyebaran ternak tahun 2014 sekaligus penyebaran ternak tahun 2015, dengan peserta sebanyak 60 orang terdiri dari Kepala UPT 12 orang dan petugas peternakan 48 orang.(kamparkab.go.id)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response