Bisnis Ternak Ayam Pejantan

DUNIATERNAK.COM, – Bisnis ternak ayam pejantan umumnya sudah tidak asing lagi para peternak ayam. Sebab jika dibandingkan dengan bisnis ayam lainnya, bisnis ayam pejantan memiliki nilai lebih tersendiri yaitu karena tekstur daging yang lebih padat dan pastinya memiliki pasar tersendiri serta memiliki harga yang lebih mahal jika dibandingan ayam pedaging.

Nah apakah Anda tertarik untuk bisnis ayam pejantan? Jika iya, simak saja ulasan berikut ini. Sebab kali ini akan membahas mengenai cara yang tepat dalam bisnis ayam pejantan.

Seperti yang kita ketahui menjadi karyawan bukanlah satu-satunya hal untuk mendapatkan pendapatan. Bahkan saat ini banyak sekali karyawan kantor yang memiliki usaha sampingan untuk mendapatkan penghasilan yang lebih.

Beberapa usaha sampingan yang bisa dicoba untuk karyawan dan pekerja lainnya adalah usaha perternakan. Dan salah satu usaha ternak yang bisa Anda coba adalah ternak ayam pejantan.

Seperti yang sudah dijelaskan tadi bahwa ternak ayam pejantan memiliki keuntungan dan kelebihan tersendiri jika dibandingkan dengan usaha ternak ayam pedaging. Selain itu, segementasi pasar ayam pejantan lebih banyak. Biasanya ayam pejantan sering dijadikan sebagai pengganti ayam kampung di rumah ataupun warung makan.

Hal inilah yang membuat peluang usaha ternak ayam pejantan memiliki prospek ke depan yang bagus dan pastinya menguntungkan.

Lalu bagaimana cara yang tepat dalam melakukan ternak ayam pejantan? Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini.

Persiapan Kandang
Cara yang pertama adalah dengan mempersiapkan kandang. Setelah kandang selesai dibuat, lakukanlah kegiatan disinfeksi. Disinfeksi bertujuan untuk membunuh kuman yang ada di dalam kandang sehingga diharapkan kandang dapat steril dari kuman. Kegiatan disinfeksi ini dapat dilakukan dengan cara pengapuran, menyemprot kandang larutan dengan disinfektan seperti antiseptik atau iodin hingga bisa menjangkau seluruh bagian kandang.

Setelah persiapan kandang selesai, tahapan selanjutnya adalah dengan pembuatan brooding atau induk buatan. Jika kandang postal, taburi seluruh lantai kandang yang telah dikapur dengan ketebalan kurang lebih 5 sampai 7 cm.

Sedangkan pada kandang panggung, lantai dlapisi dengan terpal sampao semua lantai tertutup kemudian baru ditaburi sekam dengan ketebalan yang sama dengan kandang postal lalu ratakan.

Untuk tempatnya sendiri jangan terlalu terbuka, karena bisa menurunkan suhu rungan. Suhu kandang harus teratur yaitu sekitar 25 hingga 30 derajat Celcius.

Pemberian Pakan dan Minum
Pakan dan minum sangat menetukan pertumbuhan dan perkembangan ayam. Sebab dari hal tersebutlah ayam bisa mendapatkan gizi serta nutrisi. untuk makanannya, pemberian makanan jangan terlalu banyak. Anda bisa memberikan makanan yang cukup untuk sehari, sebab jika kebanyakan makanan sisa dapat menyebabkan penyakit pada ayam.

Sedangkan untuk minumannya sendiri pastikan Anda memberi dan menggantinya 2 kali sehari yaitu pagi dan sore. Air minum harus selalu ada dan mudah untuk dijangkau, jangan biarkan ayam kekurangan air sebab hal ini dapat menyebabkan dehidrasi yang bisa berakibat kematian.

Jangan lupa pula untuk memberikan vaksin seminggu sekali agar kesehatannya tetap terjaga.

Pengaturan Tirai Kandang
Cara bisnis ternak ayam pejantan selanjutnya adalah pengaturan tirai kandang. Tirai kandang sendiri terdiri dari dua macam yaitu tirai luar dan tirai dalam. Tirai luas berfungsi untuk mengatur sirkulasi udara.

Udara bersih yang membawa oksigen dari luar kandang dibutuhkan untuk mendorong dan mengeluarkan udara kotor yang mengandung amoniak dari dalam kandang.

Bersihkan Kandang
Kandang memang tak luput dari kotoran ayam, sehingga untuk kotorannya jika kandang keadaan basah Anda harus menaburinya dengan sekal biar kering dan tidak menyebabkan penyakit. untuk ruangannya sendiri pun Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah ayam. Jangan terlalu kesempitan namun jangan pula terlalu luas sebab dapat mempengaruhi kesehatan ayam.

Beri Penghangat Khusus
Pada ayam yang berusia 1 sampai 24 hari berilah penghangat khusus dari pemanas. Makanan dan minuman pun jangan sampai telat sebab pada hari ke 1 sampai 24 merupakan masa pertumbuhan yang memerlukan asupan gizi yang cukup.

Selain itu untuk menunjang pertumbuhan ayam Anda bisa memberinya obat serta vitamin agar pertumbuhan lebih baik serta ayam tidak mudah terkena penyakit.

Masa Panen
Ayam Pejantan bisa dipanen ketika usianya meginjak 60 hingga 75 hari. Anda bisa menjualnya di produsen ayam pejantan ataupun menawarkan kerja sama dengan rumah makan yang menjadikan ayam bakar ataupun ayam goreng sebagai menu.

Nah itulah beberapa cara bisnis ternak ayam pejantan yang bisa Anda coba. dengan modal yang tidak terlalu banyak, Anda bisa mendapatkan profit sekitar 10 hingga 20 persen.

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.