Biaya Pembibitan Sapi di Indonesia Lebih Mahal Dari Australia ?

Pembibitan SApi

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan menyatakan biaya kelahiran / pembibitan anak sapi di Indonesia lebih mahal ketimbang Australia.

Kondisi ini menarik minat Dahlan untuk membangun satu tempat lokasi pembiakan anak sapi di Australia.

Dia mengaku mendapatkan informasi kabar tersebut dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang menyebutkan pembibitan atau kelahiran sapi di Australia hanya sebesar Rp 3 juta per ekor, sedangkan di Indonesia dua kali lipat lebih mencapai Rp 9 juta per ekor.

“Saya belum dengar langsung, Bapak Presiden mengatakan pembibitan sapi di luar negeri,” kata Dahlan, saat menghadiri rapat pimpinan di Kantor Pusat PLN, Selasa (19/3/2013).

Menurut dia, murahnya proses kelahiran sapi di Australia karena negara ini memiliki fasilitas lahan yang luas untuk pengembangan sapi, hal tersebut dinilai efektif untuk kelahiran sapi.

“Akhirnya kita punya info, untuk melahirkan anak sapi paling efisien di Australia karena lahan yang luas,” jelas dia.

Namun Dahlan mengungkapkan, meski biaya pembibitan sapi di Indonesia lebih mahal dibandingkan Australia, untuk masalah proses penggemukan sapi Indonesia lebih unggul Indonesia.

Menurut dia, proses penggemukan sapi di Indonesia lebih cepat.

“Tapi penggemukan yang terbaik di Indonesia, Australia kalah, disini pertambahan beratnya cepat sekali sementara Australia lambat,” ungkap dia.

Dahlan mengutarakan, dengan kondisi demikian ia memiliki pemikiran untuk membangun perusahaan BUMN di Austraila yang bertugas khusus untuk mengembangkan kelahiran anak sapi.

“Ada pikiran BUMN punya peternakan sapi di Australia tapi untuk melahirkan saja, tapi apakah itu akan terealisasikan, tapi ini masih pemikiran,” pungkasnya. (Sumber : Liputan 6)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

One Comment on "Biaya Pembibitan Sapi di Indonesia Lebih Mahal Dari Australia ?"

  1. handoko March 24, 2013 at 3:13 pm - Reply

    Kami menawarkan tetes tebu/mollases sebagai bahan campuran Pakan ternak sapi kambing dll . Hubungi kami di 081393161532

Leave A Response