Bantuan 10.950 Sapi Mulai Didistribusikan

DUNIATERNAK.COM, – Sebanyak 2.078 ekor sapi brahman cross asal Australia untuk peternak di Kaltim didistribusikan pekan lalu. Beberapa ekor di antaranya sudah beranak setelah diterima kelompok ternak.

Sapi indukan diberikan kepada peternak di Kabupaten Paser dan Penajam Paser Utara (PPU). Demikian diungkapkan Kepala Bidang Pembibitan dan Budidaya Dinas Peternakan Kaltim I Gusti Made Jaya Adhi di Samarinda, pekan lalu.

Menurut dia, bantuan sapi dari Kementerian Pertanian RI itu merupakan tahap pertama. “Ketika sapi tiba di masing-masing kelompok ternak, keadaan sapi tidak tertekan dan tidak liar karena bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan,” jelasnya.

Sapi tersebut jinak karena sebelumnya sudah dikarantina selama sepekan di Kariangau, Balikpapan. Dalam proses karantina, sapi itu memang diupayakan untuk segera beradaptasi. Supaya tidak menyusahkan ketika proses distribusi ke peternak.

Menurutnya, proses distribusi dimulai 4 November. Kini, semuanya berada di tangan kelompok ternak. Namun demikian, belum semua kelompok ternak di PPU dan Paser yang mendapatkan bantuan. Sebab, masih ada bantuan dari Kementerian Pertanian belum tiba di Kaltim.

Kelompok ternak yang tersebar di dua kabupaten tersebut total mendapatkan bantuan sebanyak 3.480 ekor. Sedangkan yang datang tahap pertama baru 2.078 ekor, sehingga masih kurang 1.402 ekor akan didatangkan pada tahap berikutnya.

Kedatangan sapi tahap kedua hingga tahap keempat, diperkirakan tiba setiap dua pekan sekali hingga akhirnya total mencapai 10.950 ekor sapi ditambah 78 ekor sebagai bonus dari produsen di Australia.

Sapi dari Australia sebanyak itu merupakan pembelian menggunakan APBN-P dan APBD Kaltim 2015. Perinciannya, bantuan dari APBN untuk pembelian sebanyak 10.000 sapi brahman cross yang semuanya betina untuk program pembibitan.

Sedangkan sisanya 950 ekor dari APBD Kaltim terdiri dari pejantan dan betina juga untuk program pembibitan.

“Sebanyak 10.950 sapi brahman cross tersebut bukan hanya untuk Paser dan PPU. Tetapi juga untuk ratusan kelompok ternak yang tersebar di kabupaten dan kota lainnya di Kaltim. “Bantuan sapi ini dimaksudkan agar ke depan Kaltim bisa swasembada daging,” ujarnya.

(Sumber: kaltim.prokal.co)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Comments are closed.