Ada Sapi Seberat 777 Kg di Acara Kontes Sapi Kabupaten Kupang

Kontes Sapi jumbo

Kontes Ternak Sapi tingkat Kabupaten Kupang digelar di Desa Baumata Timur, Kabupaten Kupang selama tiga hari, Senin (12/5/2014) hingga Rabu (14/5/2014).

Sebanyak 108 ekor ternak sapi unggulan diikutkan dalam kegiatan ini baik sapi jantan maupun betina. Ternak sapi jantan yang ikut kontes ternak ini bertubuh besar dan gemuk, bahkan ada ternak sapi yang berat badannya mencapai 777 kilogram (kg).

Seperti disaksikan, Rabu (14/5/2014) siang, para peternak sapi terlihat antusias mengikuti kontes ternak tersebut. Jumlah pengunjung yang datang untuk menyaksikan kegiatan kontes ternak pun mencapai ratusan orang.

Bahkan ada pengunjung yang menawarkan untuk membeli ternak sapi unggulan yang keluar sebagai juara pada kontes ternak tersebut. Harga ternak sapi jantan juara satu yang ditawarkan bahkan mencapai Rp 50-an juta lebih.

Kegiatan kontes ternak ditutup Sekda Kabupaten Kupang, Hendrik Paut dan dihadiri para pejabat pemerintahan serta tokoh masyarakat dan undangan lainnya. Kegiatan kontes sapi juga dimeriahkan para sponsor seperti dari kalangan perbankan dan perusahaan sepeda motor Honda.

Sekretaris Dinas Peternakan Kabupaten Kupang, Thinus Sukaryadi selaku Ketua Panitia Kegiatan Kontes Ternak, kepada wartawan menjelaskan, kegiatan Kontes Ternak diikuti perwakilan peternak dari 10 kecamatan di Kabupaten Kupang.

Kegiatan kontes ternak digelar dengan tujuan, memotivasi peternak untuk lebih menekuni usaha ternaknya dan memotifasi masyarakat yang belum memiliki ternak sapi untuk mau menjadi peternak sapi,” kata Sukaryadi.

Ternak sapi yang dilombakan dalam kontes ternak ini, kata Sukaryadi, dibagi dalam enam kategori yakni kategori Sapi Betina Bibit Bali, Sapi Jantan Bibit Bali, Sapi Induk Bali, Sapi Pejantan Bali, Sapi Penggemukan Bali dan Sapi Penggemukan Cross. Sementara para juri yang memberi penilaian terdiri dari para sarjana peternakan dan dokter hewan dipimpin Ir. Bambang Permana, M.Si.

“Ternak sapi yang ditampilkan atau dilombakan dalam Kontes Ternak ini adalah ternak yang luar biasa. Berat badan ternak sapi bahkan mencapai 600-700-an kilogram. Ada juga sapi penggemukan cross dari Amarasi milik peternak Edison Taebenu yang berat badannya mencapai 777 kilogram,” kata Sukaryadi.

Menurut Sukaryadi, yang menarik dari kegiatan lomba ini, sapi- sapi unggulan yang meraih juara berasal dari peternak sapi baru yang belum pernah menang pada kontes sapi tahun-tahun sebelumnya. Kalau pada tahun sebelumnya, yang menjadi juara adalah ternak sapi yang menang pada kontes ternak tahun yang lalu, tapi tahun ini yang menang adalah sapi dari peternak lainnya. (Sumber : kupang.tribunnews.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response