18 “Simantri” Jadi Contoh Produksi Pakan Ternak

jerami-pakan-ternak

Denpasar – Sebanyak 18 unit kelompok Sistem Pertanian Terintegrasi di Bali akan dijadikan percontohan dalam memproduksi pakan ternak berkualitas dengan bahan dasar jerami.

“Harapan kami dengan demplot itu selain dapat membantu terpenuhinya ketersediaan pakan ternak, juga memperhatikan sisi kualitasnya,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Bali Putu Sumantra di Denpasar, Jumat (27/06).

Setiap unit Sistem Pertanian Terintegrasi (Simantri) mendapatkan dana hibah sebesar Rp200 juta dari Pemprov Bali yang digunakan untuk membeli 20 induk sapi, penyediaan instalasi pengolahan pupuk organik, biourine dan biogas. Program ini sudah berjalan sejak 2009 dan hingga akhir 2013 sudah terbentuk lebih dari 400 unit Simantri.

“Hingga saat ini, kualitas dan kuantitas pakan ternak di daerah kita masih sangat kurang yang disebabkan kurang tersedianya bahan baku pakan lokal. Oleh karena itu sangat penting pembuatan lumbung pakan mini di kelompok-kelompok, seperti halnya pada unit Simantri ,” ujarnya.

Sumantra mengemukakan, kegiatan pabrik pakan ternak yang sebelumnya dipusatkan di Baturiti, Kabupaten Tabanan, juga terpaksa dihentikan karena kesulitan mendapatkan bahan baku limbah kakao dan kopi untuk diolah dijadikan pakan ternak.

“Limbah kakao dan kopi ternyata penyebarannya mayoritas di Kintamani, Kabupaten Bangli dan Kabupaten Jembrana sehingga untuk membeli limbah tersebut untuk dijadikan bahan baku pakan ternak di pabrik menjadi lebih mahal dibandindingkan membeli dedak,” ucapnya.

Di sisi lain, masalah dalam penyediaan pakan ternak juga disebabkan karena kian menyempitnya lahan pertanian di Bali sehingga berimbas pada hijauan pakan ternak yang menjadi berkurang. Di samping itu, ada juga yang tanamannya diganti seperti halnya di daerah Kintamani diseragamkan menjadi tanaman jeruk sehingga otomatis mengurangi ketersediaan hijau pakan ternak.

“Banyak pula lahan tidur yang belum dimanfaatkan sehingga kami senantiasa mendorong masyarakat supaya lahan-lahan seperti itu dapat ditanami hijauan pakan ternak dan termasuk memulainya pada kelompok Simantri,” kata Sumantra.

(Sumber : suluhbali.com)

SHARE THIS POST

  • Facebook
  • Twitter
  • Myspace
  • Google Buzz
  • Reddit
  • Stumnleupon
  • Delicious
  • Digg
  • Technorati
Author: usahaternak View all posts by

Leave A Response